Aplikasi Video Call Terbaik yang Dapat Diandalkan

Aplikasi video call atau obrolan video telah menjadi semakin populer akhir-akhir ini terutama karena pandemi yang memaksa orang untuk menjauh dari keluarga dan teman-teman mereka.

Aplikasi ini juga memainkan peran penting dalam menjalankan bisnis. Selama masa pandemi, banyak perusahaan menciptakan ruang pertemuan virtual untuk meminimalkan jarak sosial dan menjaga produktivitas perusahaan.

Ada persaingan sengit di pasar aplikasi panggilan video dengan banyak pengembang yang mencoba memenuhi kebutuhan pengguna.

Sehingga pengguna bertanya-tanya aplikasi panggilan video mana yang paling sukses dan bermanfaat.

Pada artikel ini, akan dibahas beberapa aplikasi panggilan video terbaik yang dapat diandalkan dan memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Aplikasi Video Call  Paling Banyak Di Gunakan

Ada banyak aplikasi video call yang tersedia di pasaran saat ini. Di antara banyak aplikasi tersebut, ada beberapa yang paling sukses dan bermanfaat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa aplikasi video call terbaik untuk Anda gunakan dari komputer dan ponsel.

Skype

Skype adalah aplikasi panggilan video tertua dalam sejarah internet yang diperkenalkan pada tahun 2003.

Dalam beberapa tahun terakhir, Skype telah kehilangan popularitasnya tetapi masih menjadi salah satu aplikasi panggilan video terbaik di pasar.

Skype menawarkan layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video, panggilan suara, pengiriman pesan instan, dan berbagi layar dengan pengguna lain.

Selain itu, Skype juga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon ke nomor ponsel atau telepon rumah secara langsung.

Kelebihan Skype adalah kemampuan untuk menangani panggilan video dengan kualitas yang baik bahkan di koneksi internet yang lambat.

Skype juga menawarkan berbagai fitur menarik seperti panggilan video grup dengan hingga 50 peserta, dukungan multi-platform, dan dukungan untuk mengedit dan mengirim foto serta video melalui aplikasi.

Zoom

Terakhir tapi tidak kalah penting, Zoom menjadi salah satu aplikasi video call terbaik yang populer selama pandemi.

Zoom adalah aplikasi panggilan video yang memungkinkan pengguna untuk mengatur rapat online dan berinteraksi dengan orang lain melalui obrolan video.

Aplikasi ini sangat populer di seluruh dunia karena kemampuannya untuk menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan.

Zoom juga menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna untuk mengatur rapat online.

Misalnya, pengguna dapat membuat rapat online dengan link undangan, mengatur kata sandi, membagikan layar, dan merekam rapat.

Selain itu, Zoom juga menyediakan fitur virtual background yang membuat panggilan video terlihat lebih menarik.

Namun, Zoom juga memiliki beberapa masalah keamanan dan privasi pada awal tahun 2020. Beberapa kelemahan dalam sistem keamanan dan privasi telah diekspos, seperti risiko kebocoran informasi pengguna dan keamanan rapat yang buruk.

Zoom telah memperbaiki masalah ini dan meningkatkan fitur keamanan dan privasi mereka, sehingga pengguna sekarang dapat merasa lebih aman dalam menggunakan aplikasi ini.

Google Duo

Google Duo adalah aplikasi panggilan video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS dan memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video berkualitas tinggi.

Google Duo menawarkan dukungan obrolan video grup hingga 32 peserta dan fitur menarik seperti “Knock Knock” yang memungkinkan pengguna untuk melihat siapa yang memanggil sebelum menjawab panggilan.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur cahaya rendah yang sangat membantu dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Google Duo sangat mudah digunakan dan dapat diakses dari akun Google yang sudah ada.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang aman, seperti enkripsi end-to-end untuk semua panggilan, sehingga informasi pribadi pengguna tetap terjaga.

Google Duo juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dengan kualitas suara yang jernih dan stabil.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur pesan video yang memungkinkan pengguna untuk merekam pesan video dan mengirimkannya ke teman-teman mereka ketika mereka tidak dapat melakukan panggilan video secara langsung.

Google Meet

Google Meet merupakan salah satu aplikasi video call terbaik yang terdapat pada paket Google G Suite. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan dalam perusahaan atau rapat yang bersifat profesional.

Dengan Google Meet, Anda dapat menghadiri rapat langsung melalui kalender atau undangan email.

Setiap rapat yang Anda buat dengan Google Meet akan secara otomatis menyertakan detail panggilan masuk dan dapat diaktifkan oleh tamu di ponsel cerdas mereka hanya dengan dua klik.

Selain itu, Google Meet juga menyediakan fitur perusahaan tingkat lanjut untuk semua pelanggan G Suite hingga 30 September 2020,

setelah pandemi. Ini memungkinkan 250 peserta per panggilan, hingga 100.000 pemirsa streaming langsung,

rekaman rapat, dan juga memberikan kesempatan untuk mengobrol secara gratis tanpa batas waktu hingga Juli 2021.

BlueJeans

BlueJeans merupakan aplikasi video call terbaik yang dapat membantu Anda untuk melakukan rapat secara mudah dan cepat. Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal apa pun untuk menggunakan alat ini.

✅Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Menjadi Kartun Lagi Viral

BlueJeans memberikan Anda kemampuan untuk menghadirkan rapat video berkualitas HD, audio Dolby Voice dengan pembatalan kebisingan latar belakang, dan hingga 100 peserta.

Aplikasi ini juga memiliki fitur seperti perekaman cloud, berbagi layar, dan alat produktivitas dalam aplikasi.

Anda dapat mengintegrasikan BlueJeans dengan Microsoft Teams, Facebook, Office 365, Google Calendar, Slack, Trello, dan lainnya.

Anda dapat bergabung ke rapat dengan sangat mudah dengan satu tombol dari Dolby, Cisco, Polycom, Lifesize, dan sistem lainnya. Paket harga mulai dari $9,99 per bulan.

FaceTime

FaceTime adalah aplikasi panggilan video yang dikembangkan oleh Apple. Aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Mac.

Namun, dengan pembaruan terbaru, pengguna sekarang dapat mengundang pengguna dari platform lain seperti Android untuk bergabung dalam panggilan video.

Aplikasi ini gratis dan hanya membutuhkan ID Apple untuk masuk. FaceTime memiliki keunggulan dalam kualitas panggilan video dan suara yang baik, serta dukungan obrolan video grup hingga 32 peserta.

Aplikasi ini juga mudah digunakan dan intuitif. FaceTime juga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara dan mengirim pesan instan.

Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan aplikasi video call terbaik lainnya yang sangat cocok digunakan dalam perusahaan atau sekolah.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat tim yang berbeda, mengelola anggota, dan melakukan banyak hal lainnya.

Salah satu kelebihan dari Microsoft Teams adalah banyaknya opsi yang ditawarkan aplikasi.

Orang dapat berbagi layar selama rapat, memperkenalkan peragaan slide yang mereka unggah ke aplikasi Teams, merekam rapat, dan mengangkat tangan untuk berbicara.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan banyak aplikasi untuk sekolah seperti membuat tim terpisah untuk kelas, membuat buku catatan, folder tugas, dan lainnya.

Originally posted 2023-03-27 10:45:49.