Aplikasi PeduliLindungi Apasaja Fitur Dan Fungsinya?

Apa Itu Aplikasi PeduliLindungi?

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (COVID-19). Mengandalkan kepedulian serta partisipasi masyarakat untuk saling jaga dan meminimalisir resiko penyebaran COVID-19.

Hal ini ditujukan untuk melakukan pengawasan lokasi padat dan ramai yang memiliki resiko tinggi yang nantinya bermanfaat dalam menelusuri riwayat COVID-19 (Contact Tracing). Aplikasi akan mengidentifikasi status riwayat kontak atau kasus Covid-19 pengguna serta status vaksinasinya.

Hal ini dilakukan untuk mendukung program penghentian penyebaran COVID-19 yang sedang diusahakan oleh pemerintah.

Selain tujuan di atas, aplikasi ini juga dimanfaatkan untuk melakukan pendaftaran vaksinasi, scan QR untuk Check-In/Out dan dokumen perjalanan. Semua terkumpul jadi satu melalui aplikasi PeduliLindungi untuk memudahkan pengguna.

Bagaimana PeduliLindungi bekerja?

Pada saat Anda mengunduh PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan Anda untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan kondisi lokasi aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi lokasi Anda serta memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran COVID-19.

✅REKOMENDED: 

Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan.

Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, akan semakin membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking.

PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

✅REKOMENDED:  5 Aplikasi Sadap WhatsApp Untuk Intip Chat Pasangan

Membantu Pelacakan untuk Menghentikan Penyebaran COVID-19

Dengan mengaktifkan lokasi, Anda akan membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Informasi Zonasi dan Notifikasi Keramaian

Anda akan mendapatkan infomasi area zonasi persebaran COVID-19 (merah, kuning, hijau) sesuai dengan lokasi yang Anda pilih dan mendapatkan notifikasi jika Anda berada di keramaian.

Pemeriksaan Kesehatan

Jika Anda memerlukan bantuan tenaga kesehatan, Anda bisa menggunakan fitur Teledokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait kondisi kesehatan Anda.

Sekecil apapun partisipasi Anda akan sangat berarti untuk menghentikan penularan COVID-19. Harapannya, adanya PeduliLindungi sebagai akses dan media, mari kita ikut berpartisipasi dengan cara mengunduh dan menginstal Aplikasi PeduliLindungi 

klik di sini

 

Back to top button